Awal Ramadan, Harga Sembako Stabil, Ayam dan Tapioka Melonjak

Kamis, 17-05-2018 - 12:07 WIB Tim saat memantau harga di Pasar Ngemplak. (Foto : Joko Pramono/Jatim Times) Tim saat memantau harga di Pasar Ngemplak. (Foto : Joko Pramono/Jatim Times)

TULUNGAGUNGTIMESMengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok pada bulan Ramadan, Pemkab Tulungagung melakukan pemeriksaan ke sejumlah pasar. Kali ini, tim pemantauan harga bahan pokok melakukan pemeriksaan ke Pasar Ngemplak.

Lipursari, ketua tim pemantauan, mengatakan tujuan pemantauan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok saat Ramadan dan jelang Idul Fitri. “Biasanya pada Ramadan, ada isu kenaikan harga bahan pokok. Maka tadi kami lakukan pemantauan,” kata Lipur, pangglan akrabnya.

Tim terdiri dari Bagian Perekonomian Setda Tulungagung, Dinas Perdagangan, Satpol PP, TNI dan Dinas Kesehatan. Dalam sidak kali ini tidak ditemukan lonjakan harga yang berarti meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan. “Secara umum harganya stabil, namun untuk tepung tapioka dan daging ayam mengalami kenaikan,” ujar Lipursari.

Kenaikan kedua komoditas itu cukup tinggi. Tepung tapioka yang semula Rp 8 ribu per kilo kini mencapai Rp 9 ribu per kilo atau mengalami kenaikan seribu per kilo. Sedangkan harga daging ayam melonjak drastis dari Rp 30 ribu per kilo menjadi Rp 35 ribu per kilo atau mengalami kenaikan Rp 5 ribu per kilo.

Lipur juga menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir akan stok bahan pokok saat Lebaran. Menurut hasil pemantauan, stok bahan pokok untuk wilayah Tulungagung masih cukup dan aman. “Persediaan sembako hingga setelah Lebaran masih banyak dan aman. Masyarakat tidak usah bingung,” kata wanita ramah itu.

Biasanya setiap awal Ramadhan, banyak dilakukan penimbunan oleh tengkulak atau spekulan yang berimbas dengan langka dan mahalnya barang kebutuhan pokok. Namun pihaknya juga tidak menemukan penimbunan yang dilakukan oleh tengkulak. “Tidak ada penimbunan, semua berjalan dengan lancar,” tandas Lipur. (*)

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close