Bayar 350 Juta, Anak Sarjana Hukum Ini Tetap Gagal Masuk IPDN, Ternyata Kena Tipu Calo..!!

Minggu, 10-02-2019 - 20:17 WIB Ilustrasi, net Ilustrasi, net

TULUNGAGUNGTIMES – Kasus penipuan bermodus menjanjikan masuk ke IPDN terjadi di Kabupaten Tulungagung. Kasus yang sebenarnya telah terjadi sejak bulan Juli 2018, baru dilaporkan ke pihak Bareskrim Polres Tulungagung Sabtu (09/02) kemarin. 
"Laporan penipuan yang masuk ini modusnya menjanjikan masuk IPDN dengan total kerugian sebesar hingga Rp 350 juta," kata Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar melalui Kasubag Humas AKP Sumaji Minggu (10/02) siang.

Dalam laporan yang disampaikan, korban atas nama Agus Riyanto (48) warga desa Besole RT 05 RW 04 Kecamatan Besuki. Sedangkan yang dilaporkan adalah Sumarlan (57) warga dusun  Mancasan RT 004, RW 025, Kelurahan Pandowoharjo Kecamatan /Kabupaten Sleman Jawa Tengah. "Pelapor ini membawa barang bukti berupa slip bukti transfer dari ATM Bank," terang Sumaji.

Awal mula kejadian pada awal bulan April 2018 pelapor Agus yang merupakan Sarjana Hukum bertemu dengan orang yang bernama Abdul Ghofar Gusti Man warga Boyolangu. "Nama Ghofar ini ternyata kenal baik dengan terlapor dalam urusan pekerjaan. Kemudian terlapor mengajak pelapor dan saksi pergi ke Yogyakarta dan saat itu terlapor menjanjikan bisa membantu memasukkan anak pelapor ke IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)," ungkap Sumaji

Syarat masuk menurut keterangan pelapor adalah harus mengumpulkan berkas dan membayar sejumlah uang dan dijanjikan apabila sudah menyerahkan uang kepada terlapor maka anak pelapor masuk IPDN. "Namun, setelah pelapor mengumpulkan berkas terlapor menyuruh pelapor agar mengirimkan uang ke nomor rekening secara bertahap," paparnya.

Ternyata setelah ditunggu – tunggu apa yang dijanjikan Ghofar tidak benar karena anak pelapor tidak masuk IPDN sesuai janjinya. "Kemudian pelapor berusaha menyuruh agar terlapor mengembalikan uang tersebut namun hanya janji-janji saja sehingga korban merasa dirugikan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tulungagung," pungkasnya.
 

 

Pewarta : Anang Basso
Editor : A Yahya
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close