Sosialisasi KKBPK di Wonorejo, Budi Yuwono: Kualitas Anak Harus Ditingkatkan untuk Generasi Milenial Berkualitas

Rabu, 13-03-2019 - 17:50 WIB Sosialisasi KKBPK di Desa Wonorejo berlangsung meriah dengan bagi-bagi doorprize.(Foto : Team BlitarTIMES) Sosialisasi KKBPK di Desa Wonorejo berlangsung meriah dengan bagi-bagi doorprize.(Foto : Team BlitarTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES, BLITAR – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur kembali menggelar sosialisasi advokasi dan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama mitra di Desa Wonorejo, Kecamatan Sumbergempol, Blitar. Hadir dalam acara itu, anggota Komisi IX DPR RI Ir Budi Yuwono bersama Badan Kependudukan dan Kabupaten Tulungagung, Rabu (13/3/2019).

Dalam sambutannya, Budi Yuwono mengatakan, kegiatan itu adalah agenda nasional yang dilaksanakan di masing-masing provinsi, termasuk Jawa Timur. "Sosialisasi KKBPK ini bekerja sama dengan mitra dan kami memiliki kesempatan yang luas, baik yang ada di pusat terutama Komisi IX DPR RI, maupun yang ada di provinsi, termasuk mitra-mitra yang ada di kabupaten/kota," ungkap dia.

Ditegaskan, memperkuat kemitraan menjadi kunci sukses program KKBPK. Sebab, program ini sejatinya bukan hanya tugas dari BKKBN ataupun Komisi IX DPR RI, melainkan tugas seluruh stakeholder dan masyarakat.

“KB sekarang beda dengan KB zaman dulu. Masalah kependudukan itu masalah rumit dan serius. Sebagai contoh, Tulungagung ini sektor informalnya bagus tapi TKI nya banyak. Ini PR kita bersama, bagaimana menurunkan angka TKI dan memajukan sektor informal untuk menyerap tenaga kerja. Perlu strategi khusus agar komposisi kependudukan kita bagus. Salah satunya dengan KKBPK ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap sosialisasi yang digelar kali ini bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Tulungagung. ”Adanya integrasi dan sinergitas di lapangan antara BKKBN, DPR RI dan mitra kerja diharapkan bisa mensukseskan program KKBPK. Out putnya adalah menciptakan generasi millenial yang berkualitas. Kuncinya kualitas anak harus ditingkatkan melalui perencanaan kelahiran dan pendidikan keluarga yang berkualitas,” tegas wakil rakyat dari  PDIP ini.

Sementara itu, Suhartutik -kepala bidang KSPK BKKBN Provinsi Jatim selaku narasumber- dalam paparanya menyampaikan kegiatan yang digelar hari ini merupakan salah satu strategi BKKBN dalam memasarkan program-program KKBPK yang terus mengalami perubahan.

 



"Pesan yang ingin kita sampaikan pada sosialisasi adalah memberitahukan kepada masyarakat bahwa sudah berada di dalam era bonus demografi. Itu merupakan bagian kontribusi terbesar yang bisa disumbangkan oleh program KKBPK selama ini," kata Suhartutik. 

Lanjut dalam kesempatan ini, perempuan yang disapa  Uni juga mengingatkan mengingatkan masyarakat mengenai arti penting keluarga. Di antaranya dengan memperkuat kembali pelaksanaan delapan fungsi keluarga. Yaitu fungsi agama, pendidikan, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial dan budaya, ekonomi, dan lingkungan.

“Menata kembali manajemen keluarga yang konsep dasarnya adalah merencanakan keluarga dengan sebaik-baiknya. Mulai dari kapan menikah, kapan punya anak, berapa jumlah anak yang diinginkan, hingga kapan berhenti melahirkan,” paparnya.

Poin yang terakhir, kata dia, terkait dengan laju pertumbuhan penduduk Indonesia yang tinggi. Jumlah penduduk yang besar bila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan permasalahan.

“ Karena itu, pemerintah berupaya meningkatkan kualitas penduduk dan keluarga melalui program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga Peran keluarga menjadi sangat penting untuk mengubah peradaban bangsa," tandasnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini, tamu undangan disambut dengan tari-tarian dan sesi terakhir acara juga dibagikan doorprize untuk peserta. Ratusan warga yang hadir sangat antusias mengikuti sosialisasi.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close