Perhutani Sering Usir Pelaku Penambangan Liar di Wilayah Tulungagung, Tapi..

Jum'at, 12-04-2019 - 19:33 WIB Perhutani Sering lakukan pembinaan, namun penambangan liar tak pernah jera / Foto : Sachur Rohman / Tulungagung TIMES Perhutani Sering lakukan pembinaan, namun penambangan liar tak pernah jera / Foto : Sachur Rohman / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES – Kegiatan penambangan di kawasan hutan masih menjadi aktivitas warga yang tidak bertanggung jawab. Hal itu sering terjadi di wilayah selatan desa besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. "Ini berpotensi merusak lingkungan, sudah beberapa kali kita lakukan pembinaan agar dihentikan," kata  Asisten Perhutani KBKPH Campurdarat, Sachurohman.

Meski sering diberi teguran, peringatan bahkan penindakan berupa pembinaan para penambang liar (ilegal minning) ini ternyata tidak jera. "Ternyata penambangan masih tetap dilakukan sering kali kita lakukan penindakan berupa pembinaan," lanjutnya.

Terakhir, 2 truck pengangkut dan penggali saat masuk kawasan hutan untuk melakukan pengambilan batu oleh pihak Perhutani diusir untuk meninggalkan lokasi."Kita suruh pulang termasuk peralatannya untuk dibawa pulang," tegasnya.

Jika masih bandel, Sachur memperingatkan jika Perhutani dapat menangkap dan melakukan upaya hukum. "Hutan adalah milik kita bersama, kita jaga agar kelangsungan ekosistem terus terjaga," pesannya.

Selain pencurian kayu, penambangan liar masih menjadi masalah di wilayah Perhutani. Kawasan Tulungagung yang terkenal memiliki kandungan batu bernilai tinggi sering menjadi sasaran pencurian yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab. 

Pewarta : Anang Basso
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close