PKK Kota Malang Segera Realisasikan Koperasi Wanita

Sabtu, 13-04-2019 - 09:58 WIB Ketua TP PKK Kota Malang Widayati bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau hasil kerajinan UMKM binaan. (Foto: Dokumen MalangTIMES) Ketua TP PKK Kota Malang Widayati bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau hasil kerajinan UMKM binaan. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES, MALANG – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Malang bakal segera merealisasikan salah satu program inovasinya. Yakni membuat koperasi wanita sebagai salah satu upaya pemberdayaan ribuan anggota PKK yang mayoritas perempuan. Koperasi tersebut akan beroperasi pada 2020 mendatang. 

Ketua TP PKK Kota Malang Widayati mengungkapkan, saat ini PKK Kota Malang telah memiliki basis anggota hingga tingkat dasawisma sekitar 13 ribu orang. Keberadaan koperasi ini menjadi tindak lanjut program Rumah Solusi yang kini telah dibentuk. "Rumah Solusi sudah ada, ke depan seperti janji saya, akan segera membentuk koperasi," ujarnya.

"Wacana pembentukan koperasi tersebut kini masih dibahas. Kami ingin membuat koperasi wanita. Tetapi anggota PKK tidak harus perempuan, ada bapak-bapak juga. Semua warga Kota Malang bisa ikut menjadi anggota," imbuhnya. 

Ia mengungkapkan, jenis usaha untuk koperasi milik TP PKK ini salah satunya simpan pinjam. Meskipun tujuan utama pembentukan koperasi adalah untuk mengangkat UMKM yang ada di Kota Malang. "Targetnya direalisasikan tahun 2020. Saat ini kita sudah meminta bantuan ke Dinas  Koperasi agar koperasi ini bisa segera terdaftar," urainya.

Widayati menyebut, ini merupakan peningkatan fungsi kinerja gerakan PKK seiring dengan semangat bakti dan karya nyata yang tanpa pamrih. "Selain itu peningkatan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah," sebutnya. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan peran para ibu yang tergabung dalam TP PKK Kota Malang sangat baik dalam membantu upaya pembangunan daerah. Ia menegaskan, inovasi dan improvisasi program harus mampu ikut mengantar Malang sebagai Kota Bermartabat. "Sinergitas TP PKK dengan Pemerintah Daerah dan juga stake holder terkait sangat baik sekali," kata Sutiaji. 

Dia juga menegaskan jika PKK memiliki 10 program pokok. Meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

"Kami harap TP PKK ini memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader termasuk dasawisma. Sehingga. dapat menjaga kebersamaan dan kegotong royongan agar agenda kerja pemerintahan melalui sejumlah program pembangunan dapat tercapai," pungkasnya. 

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close