239 Desa di Tulungagung Akan Gelar Pilkades 9 Juli

Senin, 13-05-2019 - 18:27 WIB Kabag Pemerintahan Setda Kab. Tulungagung,  Usmalik (foto : Joko Pramono/Jatim Times) Kabag Pemerintahan Setda Kab. Tulungagung, Usmalik (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

TULUNGAGUNGTIMES – Selepas menggelar pesta demokrasi Pemilu 17 April lalu, Pemkab Tulungagung akan kembali menggelar hal serupa. Rencananya Kabupaten yang berjuluk kota marmer ini akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak.

Dari 257 desa di 19 Kecamatan, 239 diantaranya akan ikut dalam pilkades, yang rencananya digelar pada 9 Juli 2019 mendatang. 

Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Tulungagung Usmalik mengatakan, ada 4 desa yang masa jabatan Kadesnya habis pada Januari 2020. Namun pilkadesnya ikut pada 2019 ini. 

Untuk desa yang habis masa jabatan Kadesnya nanti akan di jabat oleh Pj Kades. "Pada 17 Juni ada sekira 192 yang masa jabatanya habis, tentunya (dijabat) Pj," ujarnya.

Pj Kades sendiri mutlak berada di tangan Bupati. Namun secara prinsip harus dijabat oleh ASN.

Untuk Kades yang mendaftar sebagai cakades, wajib untuk cuti. Setelah ditetapkan sebagai cakades, maka kades yang bersangkutan harus mengundurkan diri secara sukarela. "Karena secara prinsip, pilkades tidak boleh mengurangi jabatan kades," ungkapnya.

Saat ini persiapan Pilkades masih dalam tahap pendataan pemilih serta penyusunan jadwal pilkades.

"Pendaftaran peserta calon kepala desa dimulai tanggal 14 Mei (besok) hingga 24 Mei," ujar Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Tulungagung, Usmalik.

Pria berkacamata itu menuturkan, pihaknya sudah mensosialisasikan tahapan pilkades kepada seluruh Camat, Kapolsek, Danramil dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Untuk bakal calon kepala desa, nantinya akan disaring lagi untuk menjadi calon kepala desa. Calon kepala desa inilah yang nanti bertarung dalam pilkades.

Untuk bakal calon yang lebih dari 5 nantinya akan ditentukan melalui tes. Tes dilakukan oleh panitia tingkat kabupaten. "Penetapan calon tetap (calon kepala desa) akan ditetapkan pada 27 Mei," imbuhnya.

Untuk gelaran ini, Pemkab Tulungagung menyiapkan anggaran sebesar 15 milyar rupiah. Anggaran itu digunakan untuk persiapan hingga pelantikan kepala desa terpilih sesuai tahapan.

Pelantikan kepala desa terpilih akan dilakukan 2 setengah bulan setelah pemilihan dilakukan. "Pelaksanaan Pilkades diprediksi selama 74 hari setelah pemilihan, sekitar bulan September atau oktober dilantik," ucapnya.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close