Tumbuhan-Tumbuhan Unik, Ada yang Bisa Bangkit dari Kematian

Kamis, 06-06-2019 - 09:43 WIB Tumbuhan-tumbuhan aneh (ist) Tumbuhan-tumbuhan aneh (ist)

TULUNGAGUNGTIMES, MALANG – Fenomena Lazarus atau orang bangkit lagi dari kematian, tentunya pasti pernah kalian dengar bukan. Namun kalau untuk tanaman yang bangkit lagi dari kematian, apakah kalian sudah pernah dengar?

Meski hal tersebut, dirasa tidak mungkin, namun hal tersebut memang ada nyatanya. Ada banyak tumbuhan dengan kelebihan atau keunikan yang itu dirasa tidak mungkin. Makanya bicara mengenai tumbuhan unik itu, kali ini MalangTIMES bakal memberikan informasi mengenai tumbuhan unik tersebut, mau tau tanaman apa saja? mari kita simak informasinya.

1 Bunga Doradilla

Tumbuhan yang satu ini cukup aneh. Sebab jika biasanya tumbuhan akan semakin subur jika disiram air, berbeda dengan tumbuhan ini, tumbuhan ini justru malah menyukai kondisi yang semakin kering tanpa air.

Tumbuhan justru memanfaatkan kekurangan air untuk beristirahat, tidur hingga bahkan mati mengering. Ketika musim kemarau, tanaman ini akan mengerutkan bagian tubuhnya dan mengulung seperti halnya bola.

Daun dari tumbuhan ini juga akan berubah dari hijau menjadi coklat seperti halnya daun mengering. Bahkan akar tumbuhan tersebut juga akan tercabut dari tanah.

Tapi ketika musim penghujan tiba, kemudian tumbuhan tersebut terkena air, maka batang dari tumbuhan tersebut yang sebelumnya tergulung, akan terurai kembali. Termasuk daun-daun yang berwarna coklat akan kembali berangsur menghijau seperti semula.

Karena hal itu, tanaman yang banyak dijumpai di Gurun Chihuahua di Amerika dan Timur Tengah ini dijuluki sebagai bunga kebangkitan.

2. Lithops

Lithops merupakan bahasa Yunani yang berarti di Wajah Batu. Hal ini dikarenakan tumbuhan tersebut memang menyerupai batu. Bentuknya menyerupai batu yang terbelah menjadi dua.

Kemudian pada belah tengahnya, terdapat kuncup bunga berwarna kuning. Meskipun tumbuhan ini hidup di daerah kering seperti Afrika dan Namibia, namun tumbuhan ini bisa beradaptasi dengan proses kimia dan struktur unik untuk menghasilkan fotosintesis.

3. Kantong Semar

Perempuan yang pandai merias diri tentu akan menjadi perhatian dari para lelaki. Dan itulah yang diterapkan oleh tanaman Kantong Semar. tanaman yang tergolong karnivora ini merupakan tanaman yang pandai untuk merias diri sehingga menarik untuk para mangsanya.

Kantong Semar memanfaatkan cahaya biru dalam kantongnya untuk menarik mangsanya agar masuk kedalam kantongnya untuk dimangsa.  Sehingga dari situ, banyak serangga yang termangsa oleh tumbuhan ini.

Tumbuhan ini sendiri merupakan tumbuhan yang paling rakus. Sebab dalam sehari Kantong Semar mampu memakan 600 ekor serangga.

4. Pom-Pom Mushroom

Pom-Pom Mushroom merupakan tumbuhan yang tergolong jamur. tumbuhan ini berbentuk begitu unik tidak seperti bentuk jamur pada umumnya.

Jika penuh jamur digambarkan mirip sebuah payung yang berkembang namun untuk tumbuhan ini justru mirip seperti Pom-Pom yang digunakan oleh para child leader.

Jamur yang berasal dari Amerika Selatan ini memang bisa dikonsumsi oleh manusia. Jamur ini juga mempunyai manfaat yang begitu berguna, yakni  untuk pengobatan kanker dan cacingan.

5. Pohon Baobab

Pohon Baobab juga merupakan pohon yang begitu unik. Sebab bentuknya menggembung seperti ubi yang tertanam di dalam tanah. Namun yang membuat pohon ini begitu terkenal, karena dulunya pohon ini dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat penjara guna menahan para tawanan.

Bahkan konon kabarnya pernah terdapat Pohon Baubab yang dalam batang pohonnya mampu menampung 30 orang sekaligus. Di Indonesia sendiri pohon ini lebih dikenal dengan Asam Buto atau Ki Tambleg.

Pohon yang memiliki nama latin Adansonia Gregorio ini bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 50 meter dengan diameter 15 meter.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close