Ribuan Personel Pengamanan Tulungagung Mulai Disebar Lokasi Pilkades

Senin, 08-07-2019 - 18:23 WIB Kapolres,  Plt Bupati dan Dandim memeriksa kesiapan pasukan pengamanan Pilkades (foto : Joko Pramono/JatimTIMES) Kapolres, Plt Bupati dan Dandim memeriksa kesiapan pasukan pengamanan Pilkades (foto : Joko Pramono/JatimTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES – Ribuan pasukan pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Tulungagung hari ini sudah mulai digeser ke posisinya. Pelepasan mereka dilakukan ditandai dengan apel pergeseran pasukan pilkades serentak, Senin (8/7/19). Setidaknya ada sekitar 7.041 personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas. 

“Hari ini kita akan langsung dorong ke tempat pemunguntan suara pilkades, sehingga bisa langsung melakukan pengamanan lokasi,” ujar Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar selepas jalannya apel.

Sekitar 2.556 anggota kepolisian bantuan dari Polda Jatim dan Polres tetangga, dan sekitar 1.495 TNI dari Korem 081/DSJ dan dari Batalyon 511 Bdak Hitam, Blitar turut menjaga pelaksanaan Pilkades. “Nantinya tiap TPS (pada pilkades) akan dijaga 10-15 personel,” kata Kapolres.

Dalam pemetaan yang dilakukan oleh pihaknya, ada sekitar 8 kecamatan yang menjadi daerah rawan dalam pelaksanaan Pilkades. Daerah itu antara lain Kecamatan Bandung, Besuki, Campurdarat, Pakel, Ngunut, Ngantru, Kauman dan Sumbergempol.

“Untuk titik rawan yang tadi kita sebutkan kita siagakan 1 peleton Brimob dan 1 peleton TNI dari Batalyon 511 Blitar,” terang Kapolres.

Jumlah cakades yang banyak dan lokasi yang jauh dari kantor pengamanan, serta pelaku judi atau botoh menjadi perhatian khusus dari Kapolres. Kapolres bersama Plt Bupati dan Dandim menjadi Inspektur upacara bersama dalam apel ini. 

Kapolres berharap peran serta dari masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi di Tulungagung ini. Apalgi selama ini warga Tulungagung dikenal sebagai masyarakat yang cinta damai.

Hal itu terbukti  dengan pelaksanaan pemilihan Bupati pada 2018 lalu dan Pemilu pada April lalu yang tidak terjadi konflik di Tulungagung. “Semua sangat cerdas, semua sangat smart, itu masyarakat Tulungagung,” tandas Kapolres.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close