Semarak Takbir, Para Santri Jalan Kaki dengan Kreasi Obor dan Lampion Sambut Idul Adha

Sabtu, 10-08-2019 - 19:29 WIB Para Santri Semangat Bertakbir dengan lampion dan obor / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES Para Santri Semangat Bertakbir dengan lampion dan obor / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES – Pelaksanaan takbir keliling menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha di Kabupaten Tulungagung, Sabtu  (10/08), cukup semarak, meski tidak semeriah pada Hari Raya Idul Fitri yang lalu. Beberapa rombongan takbir keliling terlihat melintas di ruas-ruas jalan.

Salah satu rombongan takbir keliling itu berasal dari Taman Pendidikan Alquran Darul Huda Desa Bendilwungu Kecamatan Sumbergempol. Para santri tampak beriringan berjalan mengelilingi jalan desa dengan lampu hias dan berbagai replika bedug, monas, perahu dan lainnya. 

Barisan tersebut selain jalan kaki juga menggunakan moda transportasi beberapa kendaraan roda empat. "Ini rutin tiap tahun, kita sengaja membuat kreasi agar anak-anak semangat dan senang melaksanakan takbir keliling ini," kata Heru Ahsani (33) salah seorang ustazd di Madrasah tersebut.

Selain kompak bertakbir, para santri dan panitia pelaksanaan melengkapi diri dengan speaker untuk mengeraskan suara takbirnya.
"Kita akan menilai tiap kelas atau kelompok, yang terbaik nanti akan kita berikan hadiah hiburan," jelas Heru

Sementara itu, wali santri Arya Bangkit (25) menjelaskan senang dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh madrasah tempat anaknya belajar mengaji. Jika dilatih takbir berjalan, kedepan sebagai orang tua dirinya berharap anak-anak tidak terpengaruh dengan takbir yang hura-hura dengan kendaraan roda dua. "Anak-anak perlu dilatih sejak dini, kebiasaan tertib melalui takbir keliling. Toh ini juga menyehatkan karena jalan kaki dengan jarak lumayan jauh," kata Arya

Sementara itu, Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Mubtadiin desa Wates juga menggelar takbir dengan skala yang cukup besar. Madrasah formal milik Nahdlatul Ulama itu menggelar acara takbir keliling desa untuk memberi semangat pada Hari Raya Idul Adha dan juga menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74

"Takbir ini rutin tiap tahun, tetap menggunakan obor serta lampion kita keliling kampung untuk menyuarakan takbir sekaligus merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang kebetulan dibulan yang sama yaitu bulan Agustus ini," terang Edi Masruron kepala sekolah.

Di Desa lain di Kecamatan Sumbergempol dan seluruh Kabupaten Tulungagung juga melaksanakan takbir keliling dengan semarak menandakan kemenangan umat islam yang di isi dengan gembira ria. Rencananya, Minggu (11/08) secara serentak sholat ied juga akan diselenggarakan di Tulungagung serta secara nasional.

Pewarta : Anang Basso
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close