Selepas Salat Id, Sampah Koran sebagai Alas Bertebaran

Minggu, 11-08-2019 - 17:56 WIB lembaran koran bertebaran di halaman dan jalanan selepas sholat Id (foto : Joko Pramono/Jatim Times) lembaran koran bertebaran di halaman dan jalanan selepas sholat Id (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

TULUNGAGUNGTIMES – Selepas salat Idul Adha di halaman Pemkab Tulungagung, sampah koran bekas alas jamaah salat Idul Adha bertebaran. Meski sudah ada tempat sampah, nyatanya masyarakat masih enggan membuang sampah di tempatnya.

Hal ini memancing reaksi warga yang risih melihat pemandangan tersebut. Kesadaran warga akan kebersihan masih rendah.

“Seharusnya koran bekas alas dibuang ke tempat sampah, kan sudah disediakan tempat sampah,” ujar salah satu jamaah sholat Idul Adha , Rina.

Rina juga menyesalkan tidak ada himbauan dari panitia salat Id untuk membuang sampah koran bekas alas ke tempat sampah.

“Panitia juga enggak mengumumkan atau memberikan himbauan untuk membuang sampah koran bekas alas ke tempat sampah,” imbuh wanita berjilbab itu.

Padahal dalam Islam diajarkan jika “Kebersihan itu sebagian dari iman”.

Senada dengan Rina, Hari warga Ketanon, Kecamatan Kedungwaru juga menyesalkan kebiasaan warga yang tidak membuang sampah koran ke tempat sampah. Dirinya berharap semoga tahundepan warga semakin sadarakan kebersihan dan membuang korang bekas alas salat ke tempat sampah.

“semoga di salat Id atau momen lainya, warga sadar akan arti kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya, bukan meninggalkanya seperti ini,” ujar Hari.

Sementara itu salah satu petugas kebersihan yang enggan disebutkan namanya juga menyesalkan kebiasaan warga yang tidak membuang alas koran di tempat sampah. Meski tidak masalah buatnya, namun dengan sadar akan arti kebersihan mencerminkan masyarakat Tulungagung yang cerdas.

“Kalau dibuang ke tempat sampah kan lebih bersih, juga lebih enak dipandang,” ujarnya.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close